Tuesday 1 September 2015

Senengnya Nemu Buah Kupa / Gowok

Senengnya pas hari minggu di bawain buah kupa sama pak suami oleh - oleh dari loji karawang. Ada yang tau buah kupa (sunda) atau gowok (jawa) ? jarang banget ya alias buah langka. Buah ini terakhir saya makan pas saya SD (qiqiqi ketahuan saya angkatan berapa).
Bentuknya bulat agak gepeng diameter 2- 3 cm warnanya ungu kalo udah mateng dan hijau yang masih muda. Daging buahnya putih, bijinya gepeng, rasanya manis, asem & sepet seger..pokoknya klo abis makan ini langsung melek. Enaknya buah ini dimakan langsung atau di jadiin rujak slurp....
Dan ternyata buah gowok bisa dijadiin obat 
  1. sebagai obat diare
  2. obat kencing manis
  3. obat sakit maag
Kemaren saya iseng cobain dijadiin masker wajah dan hasilnya wajah saya yang lagi jerawatan, jadi cerah segar, gak kusan dan jerawat mengering...wih ampuh banget nih buah kupa.
Sayang banget buah ini jarang sekarang ditemuin alias langka, karena tergeser oleh buah impor. 
Ntar deh nyoba tanam dari bijinya mudah - mudahan bisa tumbuh. amin...doain dan dukung ya ketik sitifaridaariani spasi kupa eh...hehehe
Ayo anak muda masakinih indonesia cobain deh buah kupa/ gowok karena pepatah mengatakan tak kenal maka tak sayang (apa sih?) di jamin ketagihan.


No comments:

Post a Comment